Ibanez Mitnick Al-Islamy

Ibanez Mitnick Al-Islamy

HACKER WORLD

Sabtu, 12 Mei 2012

Konteks Penerapan Enterprise Resource Planing (ERP)

Keberhasilan awal terutama di sektor manufacturing/pabrik, ERP berasal dari piranti lunak yang dulu terkenal dengan sebutan Manufacturing Resource Planning (MRP). Sebelum ERP, perusahaan biasanya memiliki aplikasi yang tersendiri untuk fungsi-2 tertentu. Bagian Akuntansi punya sistem sendiri demikian juga bagian Keuangan (Finance) dan yang lainnya. Setiap sistem bukan hanya memiliki fungsi tersendiri, tetapi juga besar kemungkinan dibikin dengan teknologi yang unik, dan oleh perusahaan yang berbeda. Karena itu tidak mudah untuk membuat sistem yang satu, sistem A misalnya, untuk bekerja sama dengan sistem yang lain, sistem B, C, dan sebagainya. Penomena ini terkenal dengan sebutan "the silo/stovepipes system".



Sulitnya berkomunikasi antara sistems juga bisa menimbulkan kecenderungan bahwa data dan informasi penting seperti informasi pelanggan dan suplier juga tidak bisa tersedia secara merata dan konsisten buat pihak yang membutuhkan. Suatu penomena yang terkenal dengan "no single version of the truths" atau "multiple versions of the truths".

Melihat adanya peluang bisnis karena masalah-2 yang disebutkan diatas, ada perusahaan-2 kemudian berusaha untuk memasarkan paket solusi dengan teknologi yang lebih modern, dijamin untuk bekerjasama lebih baik, bekerja dengan data yang disimpan dan dikelola secara konsisten dan sentral. Inilah prinsip-2 utama dari istilah Enterprise Resource Planning (ERP):
  • One centralized Database -- one version of the truth
  • Better integration, one-vendor offering --avoiding the costly debates of finger pointing when problem arises
Perusahaan-2 dengan fokus di sektor pabrik (manufacturing) bisa mengandalkan solusi dari perusahaan seperti SAP atau JD Edwards. Sektor pendidikan (Higher Education) adalah sektor yang sekarang lagi marak buat proyek-2 ERP. , PeopleSoft adalah solusi yang terkenal terutama buat riset institusi yang besar di AS seperti the Ivy League: Stanford, Cornell, Princeton, dan University of Califonia kampus. SCT Banner adalah solusi yang banyak diminati oleh institusi pendidikan yang lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar